Selasa, 28 Maret 2017

Cara menggunakan Pivot Table untuk menganalisis data pada Ms. Excel

Pivot Table sangat berguna untuk mengelola serta menganalisis data yang sangat banyak dan rumit yang dapat dibuat ringkasan data dan penyajian data menjadi simpel dan detail.

Berikut langkah-langkah membuat Pivot Table

Contoh yang pertama menggunakan data dari Tabel Daftar Belanja Barang di bawah ini.

1) Daftar Belanja Barang


Pertama, klik Tab Insert kemudian pilih Pivot Table


Lalu akan muncul form create pivot table.


Pada select a table or range blok data yang akan dibuat pivot table (pada contoh ini adalah tabel Daftar Belanja Barang di atas).

Kemudian pilih lokasi hasil pivot table akan ditempatkan pada choose where you want the PivotTable report to be placed.  Disini terdapat 2 pilihan yaitu :
1.    New worksheet apabila ingin menempatkan hasil pivot table pada sheet baru yang masih kosong .
2.    Existing worksheet apabila ingin hasil Pivot Table pada sheet yang sama dengan data tabel Daftar Belanja Barang, dengan memilih sel yang akan ditempatkan, bisa disamping tabel atau dibawah tabel.
Jika pemilihan data dan penempatan data sudah dilakukan, tekan tombol ok untuk membuat dan memilih penyajian data pada pivot table fields.


sebagai contoh, pada report filters, akan saya letakkan field supplier, lalu field nama barang pada row labels, dan field yang akan dicari nilainya yaitu field harga saya tempatkan pada values.


Maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah.


2) Data Pengeluaran Rumah Tangga
Contoh yang kedua saya akan menggunakan tabel Data Pengeluaran Rumah Tangga berikut.


Seperti pada contoh di atas, pilih Pivot Table pada Tab Insert, dan atur Pivot Table Fields sesuai kebutuhan.


Untuk membuat tampilan penyajian data berupa chart, pilih Pivot Chart pada Tab Insert.


Hasilnya tampak seperti gambar di bawah.


3) Data Penjualan Bulan Januari
Berikut adalah contoh tabel Data Penjualan Bulan Januari


Atur Pivot Table Fields.
Report filters pada tabel yaitu kode barang, dapat dilihat ringkasan data yang berbeda sesuai jenis kode barang misal item 6, dengan cara mengklik tanda panah di sebelah kanan kode barang.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Form Isian Data dengan Macros di Excel

Berikut cara membuat Form Isian Data 1. Buka Excel 2. Ubah nama Sheet1 menjadi PARTSDATA 3. Buat Heading Tabel seperti gambar diba...