Minggu, 19 Maret 2017

Penggunaan Formula pada Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dapat digunakan untuk mengolah data berupa teks, angka, simbol, tanggal atau waktu, alamat cell dan data lainnya, serta perhitungan data.
Perhitungan data dapat dilakukan dengan memasukkan data dan fungsi pada formula bar.

Berikut adalah contoh penggunaan fungsi aritmatika dasar.
Fungsi aritmetika dasar meliputi perkalian, pembagian, penambahan, pengurangan dan proses perhitungan lainnya.

Penambahan, menggunakan tanda +
Pengurangan, menggunakan tanda -
Perkalian, menggunakan tanda *
Pembagian, menggunakan tanda /

Pemangkatan, menggunakan tanda ^


Penggunaan Fungsi Statistika Dasar
Sum (Jumlah Total)  :  SUM(Range)
Average (Rata-rata)  :  AVERAGE(range)
Max (Nilai Terbesar)  :  MAX(range)
Min (Nilai Terkecil)  :  MIN(range)
Count(Jumlah Data)  :  COUNT(range)


Penggunaan Cell Absolut
yaitu penyalinan secara horizontal dan vertikal supaya alamat kolom dan baris tidak berubah yang menjadi terkunci.
Tombol Absolut adalah F4 atau secara manual menggunakan lambang $
Contoh penggunaan Fungsi Absolut:


Penggunaan Fungsi COUNTIF
Fungsi countif digunakan untuk menampilkan berapa jumlah data yang memenuhi kriteria tertentu.
Sintaks :  COUNTIF(range,kriteria)
Range adalah rentang cell dimana akan dihitung jumlah sel
Kriteria adalah kriteria dalam bentuk nomor atau teks yang mendefinisikan sel-sel
yang  akan  dihitung.


Penggunaan Fungsi SUMIF
Fungsi SUMIF adalah fungsi yang digunakan untuk  menghitung total nilai dari beberapa sel atau sebuah range berdasarkan kriteria tertentu.
Sintaks :  SUMIF(range,kriteria,sum_range)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Form Isian Data dengan Macros di Excel

Berikut cara membuat Form Isian Data 1. Buka Excel 2. Ubah nama Sheet1 menjadi PARTSDATA 3. Buat Heading Tabel seperti gambar diba...